Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai Penyebab Asam Lambung Meningkat Berikut Ini


Penyakit lambung terjadi ketika naiknya asam lambung menuju eofagus atau kerongkongan pada saluran pencernaan yang menghubungkan mulut menuju lambung. Penyakit asam lambung juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya tanda-tanda penyebab asam lambung meningkat bisa dilihat ketika Anda sering merasa mual dan tidak nafsu makan.

Banyak pasien yang pernah mengalami masalah asam lambung. Namun, rasa sakit yang dialami setiap orang selalu berbeda-beda, Saat asam lambung meningkat Anda akan merasakan perih pada lambung, merasa mual, mulut dan tenggorokan akan terasa perih dan panas,serta bau mulut yang tidak sedap. Berikut beberapa penyebab asam lambung yang perlu diwaspadai.

1. Faktor makanan  

Faktor pertama penyebab asam lambung meningkat adalah sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan seperti kopi dapat menyebabkan asam lambung meningkat. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak serta menghindari minuman yang mengandung kafein.

2. Berat badan berlebih

Memiliki berat badan berlebih (obetisitas) juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat, karena berat badan yang berlebih membuat tekanan tinggi dalam perut yang  membuat otot LES menjadi melemah, sehingga asam lambung cepat meningkat. Dengan begitu, berolahraga secara teratur serta menjaga pola makan dengan gizi yang seimbang sangatlah penting untuk kesehatan tubuh Anda. 

3. Stres

Terlalu stres atau banyak pikiran juga dapat menyebabkan asam lambung meningkat, karena membuat otot LES menjadi melemah yang menjadikan asam lambung naik. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyikapi permasalahan-permasalahan dengan perlahan sehingga Anda tidak terlalu terbebani dengan masalah yang dimiliki.

4. Pola Makan Yang Buruk

Banyaknya aktivitas yang Anda lakukan dapat membuat pola makan tidak teratur. Apalagi sering mengkonsumsi makanan yang pedas termasuk faktor penyebab asam lambung meningkat. Bahkan hal itu sering dinggap ringan padahal akibatnya sangatlah fatal terhadap kesehatan. untuk menghindari penyakit tersebut Anda harus pintar menjaga pola makan secara teratur.

5. Usia

Faktor usia juga dapat menyebabkan asam lambung naik, karena sistem tubuh yang dimilki tidak lagi memproduksi kadar asam dengan seimbang. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan serta olahraga secara teratur.

6. Kebiasaan merokok

Merokok merupakan aktivitas yang sangat disukai oleh para pria. Selain dapat mengakibatkan gangguan penyakit kanker, mengkonsumsi rokok secara berlebih juga dapat membuat asam lambung meningkat. Sebab, merokok dapat mengganggu fungsi LES, meningkatkan sekresi asam, serta dapat mengurangi produksi air ludah yang bisa menetralkan efek asam pada mulut.

7. Efek Samping Obat-Obatan

Saat Anda sakit, Anda pasti lebih memilih obat yang mengandung bahan kimia dibandingkan bahan alami. Namun, terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia juga sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Karena efek samping dari obat kimia ini dapat melemahkan  otot LES, sehingga bisa memicu kenaikan asam lambung.

8. Kurangnya Magnesium

Kurangnya kadar magnesium dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab utama kenaikan asam lambung. Karena saat tubuh kekurangan magnesium aliran darah tidak akan berfungsi secara maksimal. Selain itu, tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral bisa menggangu keseimbangan asam lambung.

Memiliki tubuh yang sehat merupakan sebuah anugrah yang perlu di syukuri. Dengan selalu menjaga kesehatan tubuh, seperti penyakit asam lambung yang sangat berakibat fatal. Untuk menghindari penyakit asam lambung, Anda perlu mewaspadai penyebab asam lambung meningkat seperti di atas, agar Anda terbebas dari penyakit ini.

Post a Comment for "Waspadai Penyebab Asam Lambung Meningkat Berikut Ini"