Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan Beberapa Penyebab Sesak Napas Berikut Ini

Penyakit sesak napas dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Bahkan sesak napas bisa dipengaruhi oleh hal-hal yang tidak pernah terpikirkan oleh kita seperti penyakit jantung. Namun dari beberapa penyebab sesak napas berikut ini diharapkan kita bisa menjaga tubuh kita secara lebih baik sehingga kita bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Asma

Penyakit asma adalah penyakit yang disebabkan karena pembengkakan yang terjadi pada saluran pernapasan bahkan hingga menyebabkan saluran pernapasan mengeluarkan lendir yang berlebihan. Hal inilah yang kemudian menimbulkan gejala sesak napas.
Selain disebabkan oleh pembengkakan yang terjadi pada saluran pernapasan biasanya sesak dapat disebabkan alergi terhadap zat tertentu. Selain itu olahraga berlebihan hingga tidak cocoknya terhadap suatu cuaca bisa menjadi penyebab timbulnya gejala ini. Namun bila Anda mengalami gejala sesak napas Anda harus bisa tenang dan pergi ke pusat kesehatan terdekat.

Pneumonia

Penyakit ini bisa terjadi karena satu atau kedua bagian paru-paru mengalami peradangan yang bisa disebabkan oleh berbagai hal. Seperti bakteri, virus, ataupun jamur yang menyerang kantung udara dalam tubuh sehingga menyebabkan kurangnya pasokan oksigen yang masuk kedalam tubuh.
Infeksi ini juga menimbulkan pembengkakan yang terjadi pada paru-paru serta membuatnya mengeluarkan nanah. Gejala sesak napas akan semakin parah ketika pembengkakan yang terjadi pada paru-paru juga semakin parah. Biasanya orang dengan penyakit ini mengalami penyakit sesak napas yang akut bahkan hingga kronis.

Emboli Paru

Penyebab sesak napas yang disebabkan oleh penyakit ini disebabkan karena penyumbatan aliran darah yang disebabkan oleh gangguan seperti kehamilan, obesitas hingga kanker. Pembuluh darah yang tersumbat mengganggu peredaran oksigen yang seharusnya didapatkan oleh tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya gejala sesak napas.

Gagal Jantung Kongestif

Ternyata sesak napas tidak hanya disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan paru-paru saja. Namun organ dalam lain seperti jantung pun bisa menjadi penyebab sesak napas seperti halnya penyakit gagal jantung kongestif. Penyebab penyakit ini adalah penyempitan pembuluh darah terutama pada pembuluh arteri koroner.
Akibat yang ditimbulkan dari penyempitan pembuluh tersebut adalah terganggunya proses pengangkutan oksigen menuju ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup asupan oksigen sehingga tubuh mengalami sesak napas, tidak fokus bahkan menyebabkan penumpukan cairan dalam organ.

Terlalu Banyak Menghirup Karbon Monoksida

Karbon monoksida banyak dihasilkan oleh pembakaran gas, minyak, bahan padat, ataupun kayu. Sifat senyawa ini adalah tidak berbau, tidak berwarna namun sangat berbahaya bila masuk kedalam tubuh manusia secara masif. Setelah masuk kedalam tubuh karbon monoksida terikat kuat dalam hemoglobin darah hingga 200 kali lebih kuat daripada oksigen.
Gas ini mengambil alih tempat yang seharusnya ditempati oleh oksigen. Ia ikut mengalir bersama darah ke seluruh tubuh yang menyebabkan kerusakan sel-sel yang ada di dalam tubuh. Hal ini disebabkan organ-organ tubuh tidak mendapatkan cukup asupan oksigen untuk meregenerasikan sel-selnya.
Efek yang ditimbulkan oleh gas ini adalah dada menjadi sesak dan nyeri, pusing, mual hingga muntah dan sesak napas. Semakin lama anda terpapar gas tersebut maka akan menyebabkan gejala yang semakin parah pula. Bahkan tak jarang terjadi kematian disebabkan gas ini.
Banyak sekali penyebab sesak napas yang kapanpun bisa terjadi terhadap kita. Semoga dengan adanya informasi ini kita dapat berhati-hati sehingga dapat menghindarinya agar tidak menjangkiti kita. Tetap menjaga lingkungan dan menjaga gaya hidup sehat bisa menjadi alternatif. Jika Anda menjadi salah satu korban sesak napas, maka Anda harus bisa bersikap tenang ketika menghadapinya.

Post a Comment for "Perhatikan Beberapa Penyebab Sesak Napas Berikut Ini"