Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Gejala Anemia Yang Patut Di Waspadai

Mengenal Gejala Anemia Yang Patut Di Waspadai

Anemia merupakan kondisi tubuh memiliki jumlah sel darah merah lebih rendah di banding jumlah yang normal. Selain itu, anemia juga terjadi ketika kondisi kadar homoglobin dalam darah mengalami penurunan yang drastis, sehingga dapat mengakibatkan kondisi fisik anda menjadi sangat  lemah.Dalam hal ini, sebagaimana penyakit lain akan timbul gejala anemia saat penyakit ini menyerang.

Ketika Anda terserang anemia, biasanya tubuh anda akan mengalami beberepa macam gejala yang tak pernah Anda sadari. Bahkan ada beberapa gejala kecil yang sering Anda sepelekan dan dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui beberapa yang patut diwasapadai.

1. Sering Mengalami Kehabisan Nafas Atau Pusing

Kekurangan zat besi dan vitamin B12 akan berpengaruh besar terhadap kesehatan, sebab tubuh anda tidak dapat memproduksi berbagai jenis protein yang sangat penting untuk memfungsikan sel darah merah, sehingga bagian tubuh tidak akan menerima oksigen yang dibutuhkan. Hal itu menyebabakan anda mengalami sesak napas dan pusing.

2. Merasa Sangat Lelah

Merasakan lelah bisa dialami siapa saja, dan setiap orang tentunya pasti pernah merasakan lelah dengan pengalaman tersendiri. Namun, kelelahan sangatlah tidak baik jika dibiarkan begitu saja, sebab tubuh yang merasakan sangat lelah merupakan faktor utama gejala anemia. Hal inilah yang harus Anda perhatikan karena hal yang sepele akan berpengaruh besar terhadap kesehatan.

3. Merasa Sakit Di Bagian Dada

Ketika tubuh Anda menerima sedikit sel darah merah, jantung harus bekerja lebih keras untuk menyebarkanya ke seluruh tubuh, yang mengakibatkan jantung berdetak lebih kencang dan mulai merasakan nyeri. Hal ini perlu Anda waspadai karena gejala ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama bagi yang memilki penyakit jantung.

4. Kaki Dan Tangan Terasa Dingin

Penyebab anda merasakan dingin berlebih di bagian tangan dan kaki itu karena sel darah yang berada di dalam tubuh anda tidak dapat menyebar keseluruh tubuh. Karena tubuh yang menerima zat besi cukup akan menghantarkan rasa panas dan nutrisi ke seluruh sel anda sehingga jika anda kekurangan sel darah merah anda akan lebih merasakan dingin.

5. Kulit Terasa Pucat

Kekurangan zat besi dan vitamin B12, juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit anda, karena jika tubuh tidak memiliki sel darah yang cukup untuk membakar organ tubuh dengan oksigen, maka akibatnya salah satu bagian kulit anda akan terlihat pucat dan tidak sehat. Hal ini juga dapat menjadi faktor utama gelaja anemia yang perlu anda perhatikan.

6. Kuku Rapuh

Gejala yang paling sering tidak disadari adalah rapuhnya kuku, hal ini sering di sepelekan oleh sebagian orang. Namun, Anda perlu mengetahui saat tubuh kekurangan sel darah merah, akan menyebabkan kuku menjadi mudah rapuh.

7. Menstruasi Berlebihan

Gejala anemia yang satu ini hanya terjadi pada wanita, yaitu dimana wanita saat datang bulan merasa mengeluarkan aliran darah yang berlebihan. Karena tidak ada sel darah merah maupun zat besi yang melapisi rahim, sehingga rahim menjadi tipis. Oleh sebab itu, saat datang bulan Anda akan mengeluarkan darah yang berlebih.

Penyakit anemia bisa menyerang siapapun. Dan rata-rata kasus kekurangan darah ini memiliki gejala yang serupa baik yang disebabkan karena kekurangan zat besi maupun yang diwarisi. Seperti gejala anemiyang telah diterangkan di atas, perlunya Anda tidak menyepelekan hal kecil sekalipun, sebab sikap tersebut dapat berakibat fatal terhadap kesehatan.


Post a Comment for "Mengenal Gejala Anemia Yang Patut Di Waspadai"