Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Makanan Penambah Darah Rendah Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Anemia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam darah dan biasa disebut penyakit darah rendah. Untuk meningkatkan jumlah darah merah, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang tentunya dapat meningkatkan jumlah sel darah merah. Berikut adalah daftar makanan penambah darah rendah yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Makanan Kaya Zat Besi

Makanan yang mempunyai banyak kandungan zat besi dapat membantu Anda untuk mengatasi anemia. Hemoglobin sendiri terdiri dari zat besi dan beberapa protein. Oleh karena itu, kita perlu menyertakan makanan yang mempunyai kandungan zat besi sebagai menu harian kita.Makanan yang mempunyai banyak kandungan zat besi antara lain yaitu bayam, tiram, hati, beras merah, kurma, kismis, dan anggur.Dengan menambahkan makanan-makanan tersebut ke dalam daftar makanan sehari-hari, Anda dapat mencegah penyakit darah rendah dalam tubuh.

2. Daging Merah Dan Daging Ayam

Daging sapi yang merupakan salah satu contoh daging merah bisa menjadi pilihan sumber zat besi bagi penderita anemia atau bagi orang yang ingin menambah darah rendah. Ayam juga merupakan makanan penambah darah yang bisa dijadikan makanan sehari-hari. Tetapi, terkhusus untuk ibu hamil sebaiknya memilih daging merah dan ayam yang tanpa lemak dan tanpa kulit untuk dikonsumsi.

3. Kacang-Kacangan

Daftar makanan penambah darah rendah selanjutnya ialah kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang-kacangan yang dapat menjadi makanan penambah darah rendah antara lain yaitu kacang polong, lentil, kacang merah, buncis, dan kacang hijau. Selain menjadi makanan penambah darah, kacang-kacangan juga mengandung protein nabati yang tinggi.

4. Semangka

Ternyata, satu potong buah semangka ukuran sedang memiliki kandungan zat besi 1,5 gram. Selain itu, semangka juga banyak mengandung vitamin C yang sangat berguna untuk menyerap zat besi. Jadi, ada dua manfaat sekaligus yang bisa didapatkan jika memakan satu potong buah semangka.

5. Stroberi

Buah yang kecil, imut dan lucu ini juga banyak mengandung zat antioksidan yang tinggi dan dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, zat antioksidan juga berguna untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas.

6. Jeruk

Seperti yang terkandung dalam buah semangka, jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu, jeruk juga mengandung asam folat yang tinggi sehingga menjadi salah satu makanan untuk menambah darah.

7. Jаmbu Bіjі 

Buаh уаng ѕаtu іnі ѕudаh tеrbuktі mеmіlіkі kаndungаn zаt bеѕі yang ѕаngаt tіnggі kаrеnа mеnjаdі оbаt уаng аmрuh untuk реndеrіtа penyakit dеmаm berdarah. Nаmun, ѕеbаіknуа kоnѕumѕіlаh jambu biji уаng berwarna mеrаh karena kаndungаn vitamin C уаng lеbіh tіnggі. 

8. Dеlіmа 

Buah ini juga mampu menambah kadar darah karena memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga ada kadar asam askorbat yang dapat menaikkan zat besi untuk pembuatan hemoglobin.

9. Anggur

Kelereng bergerombol yang bertekstur lembut ini memang masuk kategori buah penambah darah karena memiliki kadar vitamin dan asam folat yang bagus demi menambah darah rendah seseorang.

10. Apel

Buah yang sudah dikenal luas oleh masyarakat ini adalah salah satu buah yang dapat menjadi menu andalan untuk menambah darah rendah pada tubuh karena kandungan zat besinya yang tinggi.

Sеtеlаh membaca dаn mengetahui dаftаr mаkаnаn penambah dаrаh rеndаh dі аtаѕ, раѕtіkаn kіtа untuk tіdаk mеlеwаtkаnnуа ѕеbаgаі menu harian аgаr mendapatkan manfaat уаng terkandung dаrі mаkаnаn-mаkаnаn dі atas.







Post a Comment for "Daftar Makanan Penambah Darah Rendah Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan"