Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Serangan Penyakit Jantung Sejak Dini


Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia. Sering kali seseorang tidak dapat menyadari ketika memiliki penyakit ini sampai fisiknya menunjukkan tanda-tanda serangan jantung. Oleh sebab itu, diperlukan pengetahuan tentang Cara mencegah serangan penyakit jantung agar dapat memperkecil risiko buruknya.

Penyakit jantung merupakan suatu kondisi dimana ketika pasokan darah yang mengalir menuju jantung mengalami permasalahan di pembuluh darah. Peristiwa seperti ini biasanya ditimbulkan oleh adanya penumpukan lemak, penggumpalan darah, dan lain-lain. Untuk mencegah serangan jantung sebenarnya bisa dilakukan sejak dini.

Ada berbagai cara yang dapat digunakan untuk menurunkan resiko penyakit jantung sebagai berikut.

Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan yang bergizi adalah makanan yang memiliki tiga kegunaan, yaitu sebagai zat pembangun yang membuat tubuh menjadi berkembang, zat tenaga yang membuat tubuh memiliki tenaga untuk beraktivitas, dan zat pengatur yang membuat tubuh melaksanakan tugasnya secara teratur.

Mengkonsumsi makanan bergizi yang dapat digunakan sebagai cara mendukung kinerja tubuh termasuk dalam pencegahan penyakit jantung ini. Sedangkan beberapa daftar makanan bergizi yang dimaksud, di antaranya seperti nasi, ubi, roti, ikan, ayam, susu, telur, buah-buahan dan lain-lainnya. Pastikan juga untuk tidak mengonsumsi makanan cepat saji karena makanan cepat saji banyak mengandung kadar lemak jenuh dan mengurangi  kadar kolesterol tinggi.

Rutin Berolahraga

Cara mencegah serangan penyakit jantung dapat dilakukan sedini mungkin, yaitu dengan melakukan aktivitas atau gerakan fisik. Olahraga secara rutin bisa meningkatkan kebugaran pada jantung. Tidak ada batasan dalam memilih olahraga apa yang digunakan untuk menajaga kondisi tubuh agar tetap sehat. Hanya saja setiap orang memiliki porsi dan tenaganya masing-masing. Sehingga pastikan untuk memilih olahraga apa yang cocok untuk dijalani agar dapat menjaga kesehatan tubuh.

Berhenti Merokok

Rokok mengandung banyak sekali zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan tubuh, hal ini membuat asap rokok dapat menimbulkan pengerasan pada arteri jantung, sehingga aliran darah yang menuju ke jantung menjadi tidak lancar.

Bagi perokok pasif maupun perokok aktif harus menyadari bahwa efek samping dari asap rokok bisa menghambat asupan nutrisi dan oksigen pada peredaran darah yang dibutuhkan oleh jantung. Hal ini membuat  kinerja jantung mengalami kematian sel, sampai akhirnya dapat menimbulkan serangan pada  jantung.

Mengontrol Tekanan Darah

Untuk menghindari serangan penyakit jantung, Anda perlu memeriksa secara rutin tekanan darah. Pada umumnya, tekanan darah bisa dikatakan normal apabila tekanan darah menunjukkan angka dibawah 120/80 mmHg. 

Semakin tinggi nilai pada tensi darah, maka risiko semakin hipertensi juga semakin tinggi. Hipertensi ini dapat memicu penyakit berbahaya, seperti serangan penyakit jantung dan stroke.

Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan yang berlebih atau biasa disebut dengan obesitas juga dapat memicu serangan pada jantung. Orang yang obesitas cenderung mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. Terlalu banyak memiliki kolesterol dapat menyumbat arteri atau aterosklerosis yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Untuk menjaga berat badan, selain olahraga pola makan juga sangat penting diperhatikan oleh setiap orang.

Setelah mengenal berbagai cara mencegah serangan penyakit jantung di atas, Anda bisa mulai menerapkannya. Meski tergolong penyakit yang banyak menyerang kalangan orang dewasa, pencegahan sejak dini pada dasarnya sangatlah penting dan akan memberikan manfaat sangat baik bagi tubuh. Beberapa cara di atas bahkan sangat bagus untuk kesehatan tubuh secara umum.

Post a Comment for "Cara Mencegah Serangan Penyakit Jantung Sejak Dini"